Minggu, 11 September 2011

MATERI MOTIVASI & WIRAUSAHA


Resume Perisan Sabtu, 10 September 2011
Kegiatan pada hari sabtu kemarin di kampus STIKOM Surabaya, sangat memberikan bekal bagi Mahasiswa Baru STIKOM Surabaya. Kegiatan pertama yakni apel pagi, dan dilanjutkan dengan seminar di ruang Serba Guna. Di ruang serbaguna, materi pertama disampaikan oleh Bapak Bambang Hariadi.

Materi pertama pada seminar yang disampaikan oleh beliau adalah “MOTIVASI”.”MOTIVASI” kata dasarnya adalah “motif/motive” yang berarti dorongan. Dan kata “MOTIVASI” bisa diartikan ada dua :
o    - Segala sesuat yang membuat seseorang bertingkah laku tertentu.
o    - Kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kea rah pencapaian tujuan organisasi.

Selain dorongan-dorongan tersebut, untuk menjadi lebih baik lagi. Ada tiga elemen kunci yang menjadi pedoman bagi seseorang. Berikut tiga elemen kunci :
o   - Intensity : How hard a person tries. Dimana seseorang mau melakukan pekerjaan dengan keras, meskipun gagal.
o    - Direction : Toward beneficial goal. Keberhasilan dan kesuksesan yang akan didapat jika kita mau memberi semangat/dorongan pada diri kita sendiri maupun orang lain.
o  - Persistence : How long a person tries. Dibagian elemen ini, jika kita melakukan pekerjaan gagal selama seminggu, terus lakukan pekerjaan itu hingga mencapai keberhasilan.

Selain elemen-elemen tersebut, terdapat kebutuhan manusia dan teori motivasi. Dan itu harus diketahui. Berikut kebutuhan manusia :
o    - Kekurangan yang dirasakan seseorang pada waktu tertentu.
o    - Suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil tertentu tampak menarik.

Ada pula hierarki teori kebutuhan menurut Abraham Maslow, antara lain :
  1. Self Actualization
  2. Esteem
  3. Social
  4. Safety
  5. Physicological
Memotivasi pada diri sendiri bisa dengan beberapa kata-kata bijak, seperti :
o    - Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita, karena itu pandanglah kedepan. pandanglah masa depan kita jangan pernah merasa putus asa.
o    - Jangan melihat masa lalu dengan penyesalan, dan jangan pula melihat masa depan dengan penuh rasa ketakutan.

Jadi, kesimpulan dari materi “MOTIVASI” ini adalah bagaimana kita bisa memotivasi diri kita sendiri untuk mencapai keberhasilan dengan berbagai cara yang positif.

Materi Kedua presented By : Julianto Lemantara S. Kom

Pada materi ini, membahas tentang Kewirausahaan atau "Entrepreneurship". Pada materi ini, khususnya bagi mahasiswa siap dan mampu menjadi seorang Wirausaha.karena menurut materi ini wirausaha adalah poin tertinggi dari pada usaha yang lain,namun persen yang di miliki dunia untuk wirausaha sangatlah amat keecil sekali.

Tujuan pada materi ini yang membahas wirausaha adalah :
o    - Membangun motivasi dan merubah mindset
o    - Menumbuhkan kreatifitas

Sedangkan kewirausahaan itu sendiri adalah merupakan ilmu yang mempelajari tetang nilai kemampuan dan perilaku seseorang dalam tantangan hidup baru. harus mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam hal mengkplorasi hal-hal yang baru.

Seorang entrepreneur dapat dibentuk melalui pendidikan 3L yaitu Lahir, Lingkungan dan Latihan. seorang entrepreneur harus memiliki motivasi kuat dari dalam diri sendiri untuk harus berani mencoba hal-hal yang tadinya dianggap tidak berguna sehingga dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi. Sedangkan menurut Peter Drucker, entrepreneur yakni mencari perubahan.

Dibawah ini adalah sebuah kata-kata bijak menurut DR. HC. IR. Ciputra, yakni :
“Seorang entrepreneur, mampu mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas”

Ada beberapa mindset entrepreneur :
>Action Oriented;Dimana wirausaha tersebut selalu menunujukan action atau tampilan yang sangat beda untuk cover outnya dan tidak selalu tinggi poinya
>Bepikir simple;selalu berfikir yang logis tidak berfikir maya apa yang akan terjadi
>Mencari peluang baru:peluang tidak hanya ada 1 namun peluang ada jutaan peluang yang harus di cari
>Mengejar peluang dan disiplin tinggi:seorang wirausaha pastinya memiliki kedisiplinan yang sangat amt tinggi untuk mengejar peluangnya karena sudah tertanan dalam jiwa bahwa keberhasilan tidak akan ada tanpa adanya usaha
>Hanya mengambil peluang terbaik:setelah mencari peluang lalu saatnya untuk memilih peluang peluang yang terbaik yang akan digunakan
>Fokus kepada eksekusi>peluang udah dijalankan tindakan selanjutnya adalah berfikir dan bertindak focus karena sangat berpengaruh sekali kalaupun tidak ada kefokusan
>Memfokuskan energi dalam semangat kerja;energy sangat berpengaruh untuk semangat kerja untuk itu energy dan semangat kerja berpoin sangat tinggi untuk berwira usaha.



1 komentar:

  1. mantep gan , , klw bsa d tmbhkan artikel" jg , biar tmbh ramai blogx :)

    BalasHapus